Image by Freepik
Bantu Kami Menjadi Lebih Baik
Berikan umpan balik dengan mengisi Kuesioner Survey Kepuasan Masyarakat terhadap pemanfaatan Website JDIH.
HASIL INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT JDIH KOTA SALATIGA
Berdasarkan hasil pengumpulan data, jumlah responden penerima layanan yang diperoleh yaitu 31 orang responden, dengan rincian sebagai berikut :
IKM dihitung dengan parameter berupa penilaian yang mencangkup 9 unsur, yakni:
- Persyaratan
- Sistem, Mekanisme, Prosedur
- Waktu Penyelesaian
- Biaya/Tarif
- Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
- Kompetensi Pelaksana
- Perilaku Pelaksana
- Sarana dan Prasarana
- Penanganan Pengaduan, Saran dan masukan
Hasil pengolahan data yang meliputi penilaian 9 unsur tersebut adalah sebagai berikut:
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa:
- Waktu Penyelesaian memperoleh nilai terendah yaitu sebesar 2,94. Unsur Persyaratan dan Sarana Prasarana menempati nilai terendah kedua sebesar 2,97. Selanjutnya Produk Spesifikasi Jenis Layanan menjadi unsur terendah ketiga sebesar 3,03.
- Sedangkan tiga unsur layanan dengan nilai tertinggi adalah Biaya atau Tarif dengan nilai 3,97, Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan dengan nilai 3,42, serta Kompetensi Pelaksana dengan nilai 3,13.
Berdasarkan hasil rekapitulasi saran/ kritik, diperoleh beberapa saran/ kritik yang menjadi perhatian dan dapat digunakan dalam pembahasan rencana tindak lanjut yaitu sebagai berikut:
- “Pelayanan ditingkatkan lagi. Sudah baik akan tetapi kurang maksimal”.
- “Sudah baik dan dapat ditingkatkan”.
- “Agar lebih ditingkatkan sehingga masyarakat lebih mendapatkan manfaat”.
- "Mohon untuk data online lebih sering diupdate”.
- "Pelayanan lebih ditingkatkan”.
Laporan Survey Kepuasan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Salatiga Tahun 2022 Semester II selengkapnya dapat diunduh pada tautan ini.